Home Makanan Cara Membuat Ayam Tulang Lunak Asli

Makanan Ayam Tulang Lunak

Published on October 2nd, 2017| by Siramers

0

Cara Membuat Ayam Tulang Lunak Asli

 

Ingin membuat masakan ayam tulang lunak yang benar-benar lunak? Sering gagal ketika mencoba membuatnya sendiri di rumah? Nah sekarang Anda tidak perlu khawatir atau takut mencobanya karena kami akan memberikan cara yang tepat untuk membuat ayam tulang lunak yang benar-benar lunak tulangnya.

Ayam tulang lunak memang menjadi hidangan yang cukup spesial karena memiliki tulang yang lunak, bisa digigit. Tidak seperti makan ayam pada umumnya dengan tulang keras. Ayam tulang lunak merupakan kreasi masakan seperti halnya bandeng presto yang memiliki tulang lunak. Nah langsung saja simak cara memasak ayam tulang lunak yang benar di bawah ini.

Tips Memasak Ayam Goreng Tulang Lunak

  1. Siapkan panci presto, ini adalah panci khusus untuk membuat olahan dengan tulang lunak.
  2. Sebelum dipakai untuk merebus ayam, lapisi alas panci dengan daun pisang. Gunanya agar memberikan efek bau harum pada ayam.
  3. Tata daun di dasar panci secukupnya, baru masukkan ayam yang sudah dibumbui ke dalam panci.
  4. Untuk jenis ayam yang digunakan, usahakan untuk menggunakan ayam kampung. Anda bisa membelinya di pasar atau supermarket terdekat.
  5. Jika memasak ayam kampun dengan ukuran kecil Anda cukup membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Namun jika menggunakan ayam kampung berukuran besar dan mungkin sudah tua tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Hasil dari cara ini ayam yang Anda rebus akan benar-benar lunak sampai ke seluruh tulang. Nah setelah mengetahui cara memproses ayam tulang lunak yang benar di atas, Anda bisa membaca beberapa bahan dan resep membuat ayam tulang lunak.

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak

Bahan:

  1. 1 ekor ayam kampung, usahakan pilih yang muda.
  2. 2 sendok teh baking powder.
  3. 1 liter santan kelapa.
  4. Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng ayam.

Bumbu halus:

  1. Masing-masing 6 butir bawang merah dan putih.
  2. 6 butir kemiri yang disangrai.
  3. 2 sendok makan minyak untuk menumis.
  4. 2 sendok teh ketumbar yang disangrai.
  5. 1 ruas kunyit dan jahe.
  6. Daun pisang secukupnya.
  7. Bumbu lain:
  8. 7 lembar daun salam.
  9. 3 batang serai yang dimemarkan.
  10. 4 lembar daun jeruk.
  11. 2 sendok teh garam
  12. 1 sendok makan gula pasir.
  13. 1 sendok teh kaldu bubuk.
  14. 1 sendok makan air asam jawa.

Cara pembuatan:

  1. Siapkan panci presto untuk memasak ayam tulang lunak, lapisi alasnya menggunakan daun pisang. Olesi panci dengan sedikit minyak agar mudah dibuka saat ayam sudah matang.
  2. Siapkan ayam kemudian cuci hingga bersih. Potong dengan ukuran sesuai selera lalu taburi permukaannya dengan baking powder hingga merata. Tutupi menggunakan plastik wrap lalu diamkan selama 1 hingga 2 jam didalam kulkas.
  3. Gunakan 2 sendok makan minyak gores lalu tumis bumbu halis dan bumbu lain hingga harum dan sedikit layu.
  4. Jika sudah ambil ayam yang didinginkan tadi lalu olesi menggunakan bumbu tumis ke permukaan ayam hingga merata. Diamkan lagi selama sekitar 1 jam. Sisa bumbu tumisan bisa Anda masukan ke dalam panci presto.
  5. Masukkan ayam yang sudah diberi bumbu ke dalam panci presto lalu masukkan juga santan kelapa hingga ayam terendam. Jika dirasa kurang asin Anda bisa menambahkan garam sesuai selera, lalu tutup panci presto.
  6. Masak menggunakan api besar hingga mengeluarkan uap, waktu memasak kurang lebih 1-2 jam hingga benar-benar lunak. Perlu diingat saat memasak air di dalam panci harus benar-benar habis tetapi jangan sampai gosong.
  7. Ketika sudah matang biarkan ayam di dalam panci hingga mendingin.
  8. Siapkan minyak secukupnya, lalu goreng ayam hingga berwarna kecoklatan. Angkat, tiriskan dan siap dihidangkan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑