Home Otomotif Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar

Otomotif

Published on October 2nd, 2017| by Siramers

0

Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar

Oli adalah komponen sangat penting untuk kelangsungan performa mesin dalam berkendara. Pelumas inti yang bisa menentukan umur mesin ketika berjalan ribuan kilometer dan menjaga performa mesin tetap stabil. Diwajibkan setiap orang yang memiliki kendaraan mobil mengganti oli pada 5000- 7000 kilometer perjalanan. Hal ini untuk menjaga kualitas mesin serta komponen yang berada di dalamnya agar lebih awet.

Berikut ini langkah-langkah mengganti oli mobil yang benar:

  1. Buka buku petunjuk cara mengganti oli jika ada.
  2. Kemudian gunakan dongkak atau penyangga untuk mengangkat serta  menahan beban mobil dan pastikan juga posisi tersebut sudah benar agar lebih memudahkan dalam proses pembukaan baut oli dan tidak membuat rusak alias mesin mobil.
  3. Kendorkan baut dan  buka bak oli yang berada pada bagian bawah mesin yang berguna membuang oli yang lama. Bak oli ini sedikit terasa lebih panas dari bak oli bagian transmisi, jadi jangan sampai  salah membuka baut bak oli kendaraan.
  4. Pada proses pembukaan bauti oli bisa Anda gunakan kunci sok yang diputar berlawanan arah dari jarum jam alias putar ke arah kiri.
  5. Setelah baut dirasa kendor silahkan Anda sediakan wadah penampungan untuk oli lama yang akan dibuang. Agar lebih cepat proses pembuangan oli sebaiknya gunakan komporesor angin, selain lebih cepat keluar tempat oli mesin pun juga cepat bersihnya.
  6. Pada bagian saringan oli perlu dibersihkan juga bahkan bila terlalu kotor perlu diganti agar oli mesin dapat bekerja dengan sempurna. Bagian proses penggantian saringan oli sebaiknya  bersihkan terlebih dahulu tempat bekas saringan lalu ambil saringan lama selanjutnya pasang saringan baru.
  7. Tutup kembali baut oli yang dilepaskan, setelah itu kencangkan ke arah jarum jam (putar ke kanan).
  8. Masukkan oli baru menggunakan corong agar tidak jatuh dan menyebar kemana-mana.
  9. Kemudian test takaran oli menggunakan pengukur yang ada dibagian mesin yang sudah disediakan  dari pabrik.
  10. Kencangkan tutup oli sampai benar-benar rapat.

Wacana diatas merupakan proses yang sangat penting ketika melakukan pergantian oli.  Baik untuk menjaga performa mesin mobil supaya lebih sempurna. Perawatan diatas sebaiknya rutin dilaksanakan agar kesehatan mesin mobil lebih terjaga.

Tags: , ,



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑