Home Bisnis fashion Wisata Cibaduyut Sebagai Sentra Kerajinan Sepatu

Bisnis cibaduyut-sebagai-sentra-kerajinan-sepatu

Published on September 20th, 2017| by Siramers

0

Cibaduyut Sebagai Sentra Kerajinan Sepatu

Cibaduyut sangat terkenal sebagai sentra kerajinan sepatu. Sejarah perkembangan cibaduyut sebagai kawasan kerajinan sepatu dimulai sekitar tahun 1920. Pada mulanya, sebagian besar masyarakat disana berprofesi sebagai pekerja di pabrik sepatu di Bandung. Namun seiring dengan berjalannya waktu, sedikit demi sedikit para pekerja tersebut mulai mandiri. Dengan berbekal pengalaman yang mereka dapatkan sebelumnya, mereka merintis usaha produksi sepatu sendiri dan menjualnya di sekitar lingkungan mereka dengan melibatkan anggota keluarga sebagai pekerjanya.

Semkin lama pesanan sepatu dan alas kaki lainnya mulai berdatangan sehingga membuat mereka kewalahan permintaan dari pelanggan. Kemudian mereka merekrut karywan dari tetangga dan masyarakat sekitar dalam mengembangkan usaha pembuatan sepatu dan alas kaki. Hal ini menyebabkan ketrampilan mereka dalam membuat sepatu menyebar dengan cepat di lingkungan masyarakt terutama Bandung dan terkhusus kawasan Cibaduyut.

cibaduyut-sebagai-sentra-kerajinan-sepatu

Dalam sejarah tercatat bahwa jumlah pengrajin yang ada di Cibaduyut pada tahun 1940 berjumlah 89 orang. Hal ini merupakan dampak dari meningkatnya jumlah konsumen yang sangat menggemari sepatu cibaduyut karena kualitasnya yang sangat baik. Pada tahun 1950, jumlah usaha sepatu menjadi sekitar 250 unit. Dengan semakin banyaknya unit usaha sepatu dari tahun ke tahun maka pada tahun 1978, Cibaduyut dikenal sebagai sentra kerajinan sepatu terbesar di Kota Bandung.

Sebagai pusat perbelanjaan sepatu terbesar di Kota Bandung, Cibaduyut juga dikenal sebagai pasar sepatu terpanjang di dunia. Sehingga pada tahun 1989, Pemerintah RI meresmikan kawasan Cibaduyut sebagai daerah tujuan wisata belanja sepatu dan alas kaki. Untuk saat ini, Cibaduyut tidak hanya terkenal akan sepatunya saja, akan tetapi disana juga terdapat berbagai produk lainnya. Produk tersebut diantaranya tas, jaket, baju, aksesoris, souvenir dan barang-barang lainnya.

Sewaktu terjadi krisis moneter pada tahun 1998, sentra kerajinan sepatu Cibaduyut meredup dan agak lesu. Memasuki tahun 2000, semakin banyak produk import terutama sepatu yang memasuki pasar lokal sehingga menurunkan pamor dari sepatu cibaduyut. Namun perlahan-lahan eksistensi sepatu cibaduyut mulai naik kembali ketika Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memakai sepatu cibaduyut sebagai sepatu dinas. Bahkan saat ini, kawasan Cibaduyut selalu ramai menjadi kawasan wisata belanja di Kota Bandung.

Untuk menjaga warisan leluhur dan memempertahankan eksistensi produk lokal maka saat ini banyak pengrajin yang melirik internet sebagai lahan baru untuk memasarkan produk mereka. Sepatu cibaduyut online sebagai salah satu memasarkan produk-produk sepatu lokal yang berkualitas produksi asli dari pengrajin cibaduyut.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑