Home Bisnis fashion Kenali Jeans dan Denim Sebagai Bahan Jaket

Bisnis denim jeans

Published on November 9th, 2017| by Siramers

0

Kenali Jeans dan Denim Sebagai Bahan Jaket

Di dunia pertekstilan, kita tentu mengenal dengan bahan fashion bernama jeans dan denim. Jeans dan denim merupakan bahan yang banyak dipakai di industri fashion. Oleh sebab itu kita perlu mengenal dengan sejarah terciptakan produk fashion dengan bahan jeans dan denim, dan tentu saja perbedaan dari keduanya. Berikut ini kami rangkum dari beberapa sumber.

Bahan jeans dan denim merupakan bahan baku fashion yang terus ada dari masa ke masa bahkan sampai saat ini tidak pernah lekang oleh jaman. Bahkan bahan jeans maupun denim tidak hanya dipakai sebagai bahan baku celana saja akan tetapi sudah dipakai sebagai bahan jaket baik pria maupun wanita.

denim jeans

Pada mulanya, celana berbahan denim dibuat pada tahun 1560an di Genoa Italia untuk angkatan laut. Penggunaan denim dikarenakan bahan tersebut memungkinkan dipakai dalam keadaan basah maupun kering. Bahan denim sering disebut sebagai jeans yang berasal dari bahasa Perancis bleu de genes yang artinya celama biru dari Genoa.

Sekitar tahun 1800an mulai coba dibuat celana dari bahan denim. Tak disangka, kehadiran celana denim banyak disukai masyarakat baik di Italia (Genoa) maupun Perancis. Dari sinilah ternyata asal mulai nama jeans. Jadi bahan denim di Genoa dinamanya Genes atau celana dari Genoa Italia. Sedangkan di Amerika dan Inggris pelafalannya menjadi Jeans. Jadi dapat disimpulkan bahwa denim merupakan bahan untuk membuat celana jeans.

Pada abad ke 18 jeans mulai memasuki pasar Amerika. Jeans pertama kali diperkenalkan oleh Levi Strauss, seorang pemuda berusia 21 tahun asal Bavaria. Dia memperkenalkan kepada para penambang emas di San Francisco dengan bantuan temannya yang bernama Jacob Davis. Selanjutnya mereka berdua menciptakan kancing yang terbuat dari metal agar kancing celana tidak mudah rusak ketika dipakai menambang dan mengantongi emas. Padahal sebelum Levi dan Jacob menemukan celana ini, di Eropa terutama Genoa Italia sudah terlebih dulu ada.

Lalu kenapa timbul nama Levi’s pada celana jeans? Ternyata nama Levis’s muncul ketika banyak penampang emas yang ketagihan memakai memakai celana jeans Levi, sehingga di Amerika, nama Levi’s (celana di Levi) yang terbuat dari denim sama dengan denim jeans di Eropa hanya sejarah permulaan kemunculannya yang berbeda.

Sekitar tahun 1970 celana denim atau jeans di produksi massal (besar-besaran) sehingga pada tahun tersebut mencapai puncak kejayaannya.  Bahkan di tahun 1970an di Eropa banyak dipakai para pemberontak yang mengoyak celana jeans mereka sebagai penegasan anti kemapanan.

Dewasa ini, denim/jeans banyak di pakai untuk berbagai model fashion seperti kemeja, rok, jaket, http://jaketbomberwanita.com bahkan baju kerja. Dengan semakin banyaknya mode dari denim/jeans maka akan semakin bervariasi fashion dari bahan tekstil ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑