Home Kesehatan Manfaat Rutabaga Bagi Tubuh

Kesehatan manfaat rutabaga

Published on January 21st, 2018| by Siramers

0

Manfaat Rutabaga Bagi Tubuh

Manfaat kesehatan rutabaga meliputi kemampuannya untuk memperbaiki kesehatan pencernaan, mencegah bentuk kanker tertentu, bertindak sebagai antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki fungsi metabolik. Rutabaga juga menurunkan tekanan darah, dan kadar kolesterol, membantu fungsi seluler dan enzimatik, membangun tulang yang kuat, dan bahkan dapat membantu menurunkan berat badan.

Apa itu Rutabaga?

Rutabaga adalah sayuran cruciferous yang dikenal di seluruh dunia sebagai “swede” namun disebut rutabaga terutama di Amerika Utara. Ini adalah sayuran akar, yang merupakan persilangan antara kubis dan lobak. Nama ilmiah rutabaga adalah Brassica napus, namun diketahui banyak nama lain di seluruh dunia, termasuk lobak kuning atau neeps. Asal-usulnya masih agak dipertanyakan, namun kebanyakan orang percaya bahwa itu asli Skandinavia dan Rusia. Ini diperkenalkan secara luas di Inggris pada abad ke-19, namun ada bukti rutabagas yang dipanen di Amerika Utara pada awal abad ke-19 juga, menunjukkan kemungkinan asal usul Skandinavia yang tumbuh di Kanada dan kemudian menyebar ke seluruh benua.

Sebagai sumber makanan, akar, serta sayuran berdaun, dimanfaatkan, tergantung dari budayanya. Daunnya banyak digunakan seperti sayuran berdaun lainnya, seperti bayam atau chard, sedangkan daging akarnya bisa disiapkan dengan cara yang mirip dengan kentang, baik yang dihaluskan atau dipanggang. Dan beberapa budaya lain menggunakannya sebagai pengisi berbagai casserole dan mincemeat.

manfaat rutabaga

Rasa uniknya membuatnya sangat berguna untuk meningkatkan rasa berbagai masakan di seluruh dunia, dan banyak budaya memasukkannya ke makanan pokok atau makanan lezat nasional mereka. Ini dianggap sebagai alternatif sehat untuk kentang, karena tidak memiliki banyak karbohidrat “kosong” dan menyediakan berbagai macam mineral, vitamin, dan senyawa organik yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Mari kita lihat lebih dekat komposisi unik dari sayuran lezat dan kurang dihargai ini.

Fakta Nutrisi Rutabagas

Rutabagas mengandung beragam nutrisi, termasuk mangan, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, seng, magnesium, kalsium, zat besi, dan seng yang tinggi, serta vitamin seperti vitamin C, E, K, dan anggota keluarga B. Dalam hal senyawa organik, rutabagas memberikan glukosinolat dan karotenoid.

Manfaat RutabagaHealth Dari Rutabagas

Manfaat kesehatan rutabagas meliputi:

Mencegah Kanker
Mungkin fungsi rutabaga yang paling penting melibatkan beragam komposisi senyawa antioksidannya. Glukosinolat agak jarang, senyawa yang mengandung belerang, yang diketahui dapat mengurangi pertumbuhan tumor kanker di tubuh. Selanjutnya, tingginya kadar karotenoid dan vitamin C berperan sebagai antioksidan, yang memerangi efek radikal bebas, sehingga mencegah mutasi sel sehat menjadi kanker.

 

Mencegah Penuaan dini
Rutabagas dapat secara efektif mencegah penuaan dini, memperbaiki penglihatan, dan merangsang regenerasi sel yang sehat ke seluruh organ dan jaringan tubuh kita.

Perbaiki Pencernaan
Seperti semua sayuran silangan, rutabagas sangat tinggi seratnya, menyediakan lebih dari 12% kebutuhan sehari-hari dalam setiap porsi. Serat makanan berfungsi dengan berbagai cara di dalam tubuh, namun terutama memperbaiki pencernaan dengan cara mengepang tinja dan mencegah sembelit dan gangguan saluran pencernaan. Pencernaan adalah bagian penting dari keseluruhan kesehatan dan juga membantu penurunan berat badan. Sebagai sumber makanan berkalori rendah kalori, rutabagas dipuji sebagai komponen diet penurunan berat badan, dan tingkat serat yang tinggi juga membantu membuat Anda merasa kenyang, sehingga mengurangi kemungkinan makan berlebih.

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Seperti disebutkan di atas, vitamin C adalah vitamin utama yang hadir dalam rutabagas, dan satu porsi mengandung lebih dari setengah dari penjatahan vitamin C dalam makanan kita. Vitamin C sangat penting untuk banyak proses tubuh, termasuk stimulasi sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan sel darah putih. Selain itu, vitamin C merupakan unsur penting dalam produksi kolagen, yang berkontribusi terhadap perkembangan dan penyembuhan jaringan dan otot kulit, serta pembuluh darah. Kadar vitamin C yang tinggi juga dapat membantu mencegah kanker kolorektal, demikian sejumlah penelitian telah membuktikan.

Darah rendah
Kalium adalah bagian yang sangat berharga dari persembahan nutrisi rutabaga, karena dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi stres dan kontraksi pembuluh darah. Hal ini memungkinkan aliran darah lebih mudah, peningkatan oksigenasi ke organ vital dan sistem, dan kemungkinan pembekuan lebih rendah. Kalium, bersama dengan kandungan serat dalam rutabagas, membantu mengurangi kadar kolesterol dan memberi Anda cara pasti untuk mencegah aterosklerosis, serangan jantung.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑